DESAINER

Friday, July 9, 2010

Daftar 10 Extensions/ Addons Terbaik Google Chrome

Chrome akhirnya sudah dapat mendukung penggunaan extensions atau disebut juga addons dan juga dapat langsung menggunakan beberapa script & style secara langsung Dan fitur-fitur tersebut sudah dapat dapat dinikmati oleh pengguna Chrome versi Stable, kecuali yang dukungan untuk script masih terbatas bagi pengguna versi Dev.

Ok, Langsung saja.

Inilah Daftar Exetensions/ Add Ons Terbaik Milik Google Chrome

> FastestFox – Browse Faster

Ini bukan seperti addons FasterFox di browser Firefox yang merubah parameter tertentu di config untuk memaksimalkan koneksi internet, tapi fungsi FastestFox adalah untuk mempermudah dan mempercepat aktivitas browsing, seperti…

  • Membuat URL berupa teks menjadi link/ bisa diklik, misal URL yang ada dalam kotak CODE. Bisa juga menggunakan extensions khusus, yaitu Clickable Links
  • Halaman berikutnya dari web akan terbuka otomatis saat Agan sudah melakukan scroll sampai bagian bawah dari halaman.
  • Menambah link-link ke layanan mesin cari lain di halaman pencarian
  • Menambah daftar artikel yang berhubungan dengan yang saat itu sedang dibuka di halaman Wikipedia
  • Menampilkan popup beragam layanan pencarian dan akan muncul secara otomatis saat Agan memblok teks tertentu di halaman web
  • dan lain-lain

> FlashBlock

Berguna untuk memblok semua konten web berbasis Flash, Shockwave, Authorware, & Silverlight yang biasa memberatkan Agan dalam membuka situs. Tapi konten2 tersebut bisa diakses/ dibuka dengan mudah, cukup mengklik icon pada elemen konten yang diblok tersebut.

> SmoothScroll

Membantu membuat pergerakan halaman saat di-scroll menggunakan mouse atau tombol panah di keyboard menjadi lebih cepat & halus. Perlu dilakukan pengaturan terlebih dahulu di bagian Options dari extensions tersebut untuk mendapatkan efek yang sesuai dengan keinginan.

Jika Agan merasa kesulitan untuk menentukan nilainya, bisa mencoba menggunakan pengaturan yang telah ai buat ini… semoga cocok

> Lastpass

Lastpass yang sebelumnya sudah banyak dipakai pengguna Firefox & IE adalah cara baru menyimpan dan menggunakan username, password, dan daftar form lewat browser, karena berbasiskan cloud. Data-data tersebut tidak disimpan di PC, tapi tersimpan dengan aman di server milik Lastpass.

Dengan menggunakan password tunggal kita bisa mengakses dan menggunakan username, password, dan daftar form untuk kegiatan online sehari-hari dari PC yang berbeda-beda dengan cepat, mudah, dan tentunya lebih aman. Jangan lupa melakukan beragam pengaturan lewat menu Preferences supaya Lastpass dapat berjalan sesuai dengan keinginan.

> WOT (Web of Trust)

WOT dirancang untuk membantu kita agar lebih waspada saat berselancar di dunia maya. WOT akan memberitahukan status infromasi dan ranking dari situs yang kita masuki apakah aman atau berbahaya tanpa perlu meninggalkan halaman situs.

Saat kita melakukan pencarian dengan mesin cari, maka akan muncul icon dengan tiga warna berbeda pada setiap link hasil pencarian dan juga link download di sutu situs, jadi kita bisa dengan mudah mengetahui situs yang terpercaya dan aman untuk kita masuki atau apakah file yang mau kita download itu aman.

Penilaian yang diberikan terhadap suatu situs didasrkan pada komunitas pengguna WOT, jadi Agan pun bisa ikut berpartisipasi jika mau dengan mendaftar terlebih dahulu.

> TooManyTabs for Chrome

Terkadang tanpa kita sadari makin lama berselancar di dunia maya, makin banyak saja tab yang terbuka. Sampai-sampai yang terlihat di tab hanya berupa favicon dari situs. Tentu hal tersebut akan menyulitkan kita untuk berpindah-pindah tab yang diinginkan dengan cepat.

TooManyTabs akan sangat membantu kita dalam kondisi seperti itu berapapun banyaknya tab yang dibuka. Cukup klik pada icon TooManyTab di samping address bar, maka akan dimunculkan keseluruhan tab yang terbuka dalam kolom2 beserta dengan thumbnail/ preview-nya. Untuk memudahkan pencarian tab2 tersebut juga bisa kita sortir berdasarkan waktu pembuatan/ dibukanya tab, nama domain, dan judul situs. Terdapat pula fasilitas pencarian tab secara langsung berdasarkan kata kunci yang kita masukkan, dan masih banyak fitur2 berguna lainnya.

Yang paling menarik adalah fitur untuk dapat menghapus memori yang terpakai oleh suatu tab tertentu. Jadi tab akan berstatus idle dan pemakaian memori-nya akan dipindahkan dari RAM ke virtual memori yang ukurannya lebih besar tapi lebih lambat dalam akses.

> Feedly

Bagi Agan yang suka berlangganan RSS menggunakan Google Reader, extension ini menawarkan sesuatu yang jauh lebih keren, jadi feed dari situs yang kita langgananin akan ditampilkan lebih menarik dengan format seperti majalah.

Untuk dapat menggunakannya kita bisa pakai akun Google, dan feed yang ada di Google Reader bisa diimport oleh Feedly. Bentuk tampilan/ layout bisa dirubah sesuka hati dan disertakan banyak pengaturan.

> FreshStart – Cross Browser Session Manager

Dengan extensions ini kita bisa menyimpan setiap sesi browsing yang diinginkan, tab2 yang sedang terbuka akan disimpan dan kita beri nama untuk memudahkan dalam mengingat sesi tersebut. Tiap sesi akan disimpan dalam bentuk bookmarks, sehingga jika Agan menggunakan fasilitas Bookmarks Sync dari Google atau lewat extensions XMarks, maka sesi tersebut bisa kita akses lewat browser Chrome di lain PC.

Terdapat fitur yang bisa diaktifkan untuk menyimpan sesi browsing secara otomatis setiap lima menit, sehingga dapat mengembalikan window & tab yang sedang dibuka pada saat terjadi crash.

> Xmarks Bookmarks Sync

Untuk melakukan sinkronisasi bookmark sebenarnaya sudah bisa diakukan dengan menggunakan fitur bawaan Google Chrome, yaitu Bookmark Sync yang bisa diakses melalui tombol berbentuk icon kunci inggris dan pilih Synchronize my bookmarks…

Tapi extensions XMarks ini memiliki banyak keunggulan & keuntungan tersendiri terutama bagi yang sebelumnya sudah pernah menggunakannya di browser lain. Jadi cukup pasang extensions ini dan daftar bookmark di browser Chrome akan langsung disinkronisasi dengan daftar bookmark Agan yang sudah tersimpan sebelumnya di server XMarks.

Daftar bookmark milik Agan akan tersimpan dengan aman dan terintegrasi dengan baik. Apakah di komputer dan browser yang berbeda, daftar bookmark akan tetap sama.

> Rapidshare link validator

Extensions ini berguna untuk mengecek valid/ tidaknya link rapid*share yang ada di suatu halaman web. Bisa mengecek banyak link sekaligus dan untuk memudahkan maka link yang valid akan ditampilkan pada kotak yang akan muncul jika kita mengklik icon “R” di addressbar.

Jika icon R berwarna hijau, maka semua link di halaman tersebut valid, jika icon R berwarna merah berarti link rapid*share tidak ada yang valid, dan jika icon R berwarna kuning, berarti ada link yang valid dan juga ada yang tidak, untuk mengetahui yang valid klik icon R, maka akan muncul daftar link yang bisa langsung Agan blok & salin.

> Google Mail Checker Plus

Dari sekian banyak extensions yang berguna untuk mengecek status inbos di GMail, hanya Google Mail Checker Plus ini yang terbaik, karena memiliki fitur-fitur menarik yang unik.

Fitur unik yang ada salah satunya saat kita klik icon berbentuk surat, maka akan muncul kotak preview yang menampilkan isi email yang masuk, sehingga Agan tidak perlu beranjak dari situs yang sedang buka. Lalu dikotak preview itu kita juga bisa mengakses fungsi-fungsi seperti Delete, Archive, Spam, Star dan Mark as read seperti halnya di jendela GMail langsung.

Soal tampilan pun juga ikut diperhatikan dengan menyediakan 10 set icon mail berbeda yang bisa Agan pilih.

Sumber : lintaskomputer.web.id